Cara Melatih Trucukan Garuda

Burung Trucukan dewasa suka mengembangkan kedua sayapnya seperti burung garuda. Istilah garuda menurut beberapa sumber diambil dari kata garuda sebutan burung elang jawa. Elang jawa sering terlihat mengembangkan kedua sayap. Burung trucuk juga melakukan hal yang mirip dilakukan oleh burung elang tersebut hingga disebut nggaruda.

Burung trucukan sekarang mulai populer kembali diantara para pecinta burung. Burung trucukan dialam liar biasa terlihat terbang dan berkicau bersahutan bersama burung kutilang. Burung trucukan dikenal memiliki suara ropel mirip cucakrowo, sehingga banyak disukai penggemarnya. Agar trucukan dapat mengeluarkan suara ropel maka perlu diberikan perawatan khusus, terlebih lagi hingga burung menampilkan gaya garuda.

trucukan garuda
Banyak pecinta burung yang lebih memilih trucukan bakalan saat membeli trucukan. Memang harganya lebih terjangkau, namun trucukan bakalan umumnya hasil dari tangkapan alam. Sehingga perilakunya masih liar. Agar trucukan dapat dirawat dengan mudah maka perlu melewati proses penjinakan terlebih dahulu.

Burung trucukan jantan menunjukkan wilayah kekuasaanya dengan mengembangkan kedua sayapnya. Gaya mengembangkan sayap tersebut seringkali dibarengi dengan kicauan. Burung trucukan yang memiliki mental baik akan memiliki gaya nggaruda.

Cara Memancing Burung Trucukan Garuda

Agar burung trucukan anda bisa nggaruda, Anda dapat memancingnya dengan beberapa cara berikut:

Menggunakan penempelan sangkar burung lain

Tempatkan sangkar burung trucukan di tempat yang stabil dan aman, kemudian ambil sangkar berisi burung lain lalu tempatkan menempel ke sangkar burung trucukan tadi. Biarkan beberapa menit sekitar 5 menit, kemudian jauhkan selama 5 menit. Lakukan selama berulang-ulang secara rutin setiap hari. Bila latihan ini rutin dilakukan, anda akan bisa segera melihat hasilnya.


Menggunakan Burung Gereja

Bila ditempat anda banyak burung gereja, metode ini akan mudah dilakukan. Caranya adalah dengan meletakkan sangkar burung trucukan dilantai, kemudian taburi sekeliling sangkar dengan beras. Tunggu dan lihat, burung gereja akan mendekati sangkar kemudian memakan beras tersebut. Perhatikan perilaku burung trucukan, jika bermental bagus maka trucukan akan menampilkan gaya garuda untuk menghalau burung gereja mendekati sangkarnya.

Untuk trucukan dewasa, anda tidak butuh waktu terlalu lama untuk membuat trucukan nggaruda.  Sebenarnya gaya nggaruda merupakan perilaku alami yang dimiliki burung trucukan dialam liar. Mungkin akibat dia dipelihara di dalam sangkar, maka karakter ini tidak terlatih sehingga burung jarang menampilkannya. Untuk trucukan bakalan, perlu waktu yang sedikit lebih lama. Namun bila dilatih secara rutin hasilnya pasti akan segera nampak.

Posting Komentar